Follow us on Facebook

Undername Impor+Door To Door-Shanghai To Kariangau Port Balikpapan Direct

Undername Import,usaha jasa sewa import undername beragam di Indonesia ada undername import ada undername export dalam artikel undername impor door to door services shanghai To Kariangau Port Balikpapan Indonesia bercerita tentang cara impor barang dari china ke balik papan dengan incoterm door to door services

Baca juga:Import LCL Door To Door Services Forwarder Import China To Indonesia

Tulisan undername impor door to door shanghai to karingau port ini saya saya sadur ulang dari blog ferrytrans.id dengan judul Import cargo shanghai to kariangau port balikpapan, bagi sahabat yang mungkin belum mengetahui kegiatan export dan import dari dan ke China ,Jepang dan Korea bisa dilakukan langsung dari Pelabuhan Kariangau Balik Papan atau sebaliknya jadi ada perubahan cara import barang dari china ke Indonesia yang tadinya banyak melalui pelabuhn tangjung priok
Undername Impor+Door To Door-Shanghai To Kariangau Port Balikpapan Direct
Cara import resmi barang Shanghai china ke Balikpapan

Cara Impor barang dari china ke balikpapan ini dilakukan secara undername import Q.Q karena importir tidak mempunyai legalitas izin berusaha Nomor Induk Berusaha (NIB) yang saat ini tahun 2019 banyak pengu saha eksportir dan importir di indonesia sudah mendaftarkan diri dapat user ID dari portal OSS Online selanjtanya membuat izin usaha untuk melakukan kegiatan impor ekspor barang di Indonesia

Apa itu undername Import Q.Q
Undername import q.q dilakukan atas dasar indent antara perusahaan yang mempunyai izin usaha impor berdasarkan peraturan surat edaran  DJP Nomor  SE-39/PJ.32/1990, mengatur mengenai  Impor atas Dasar Indentor/Q.Q Impor dalam pelaksanaan importasi barang untuk prosedur customs clearance impor ke dua belah pihak yaitu perusahaan jasa sewa undername impor dan perusahaan indent sebagai pemilik barang wajib membuat perjanjian,perjanjian itu yang di sebut dengan perjanjian Indentor 

Dalam lembar Pemberitahuan Impor barang (PIB) perusahaan jasa sewa undername import resmi bertindak hanya sebagai fasilitator izin usaha impor melalui nomor Induk Berusaha (NIB) dan perusahaan indentor di akui sebagai pemilik barang yang sah dan legal

Dengan demikian,pajak impor PPN (Pajak Pertambahan Nilai) di dalam e-billing PIB akan menu njuk atau langsung masuk secara otomatis ke dalam NPWP pemilik barang yang di impor melalui portal INSW.Atas dasar indent tersebut pajak impor PPN dan PPH yang masuk ke dalam akun NPWP Perusahaan Indentor akan tercatat dalam pembayaran pajak perusahaan indentor

Cara import barang Door To Door itu bagaimana ?
Mari saya jelaskana cara menangani impor barang door to door resmi china ke Indonesia lebih khusus sebagai dalam pembahasan impor barang door to door dari shanghai china sebagai port of lodanig (POL) dengan tujuan Port Of Destination (POD) Kariangau Port Balikpapan Indonesia import atas dasar indent menggunakn jasa undername impor dengan metoda import Q.Q/Import IndentorResmi Shanghai Ke Kariangau Port Balikpapan

Barang impor yang di kirim dari shanghai ke balikpapan tersebut berupa panel electric menggunakan  undername import .Saya terima tawaran job order import barang party 1 X20 FT doo to door impor resmi menggunakan jasa undername impor-export beralamat di surabaya

Barang import party 1X20FT dari china ke balikpapan Indonesia menggunakan jasa sewa undername impor di indonesia memakai (service import) cara indent import atau Q.Q import.

Saya minta rekan saya dari shanghai tersebut agar turunkan cargo di pelabuhan tg.priok jakarta dan dari pelabuhan tg.priok akan saya re-loading ke container 20 ft memakai jasa pelayaran domestics menuju balikpapan kalimantan timur
Undername Impor+Door To Door-Shanghai To Kariangau Port Balikpapan Direct
Namun mitra saya di shanghai mengatakan bahwa barang import tersebut akan di kirim langsung dari Port Of Shanghai menuju Port of Kariangau Balikpapan langsung dimana kalau istilahnya adalah direct vessel.

Akhirnya saya coba search di google dan benar bahwa ada pelayanan untuk pelayaran untuk pengirimn barang export dan  import langsung dari shanghai ke Port Kariangau Balik papan dan rekan saya tersebut memakai jasa kirim barang angkutan laut melalui pelayaran SITC-Container Lines Co.,Ltd   

Catatan : Ada beberapa perusahaan pelayaran melayani
Rute angkutan laut langsung dari china ke balikpapan dan pontianak, kalimantan area indonesia

Setelah mendapatkan informasi dari google.com akhirnya saya membuat susunan dokumen impor undername dengan metode Q.Q/import indent dengan rapih agar tidak terjadi masalah di dalam manifest cargo yang akan berakibat masalah panjang jika terjadi kesalahan dalam penulisan serta susunan dokumen import,sebagai berikut susunan dokumen impor doot to door impor resmi dengan undername impor indent

1.Shipping Instruction
Shipping Instruction/shipper Instruction mempunyai fungsi yang sangat penting dan wajib di buat sebagai dasar dokumen membuat bill of lading dan sebagai instruksi kepada mitra kita shipping freight forwarder di china mempunyai dasar hukum yang kuat untuk memberangkatkan cargo melalui angkutan laut/udara dalam shipment impor ini melalui angkutan laut

2.Packing List dan Commercial Invoice 
Packing List dan Commercial Invoice mempunyai fungsi sangat penting uatama dan tidak terpisah kan dalam rangkaian dokumen impor di seluruh dunia.Packing list dan invoice sebagai dokumen pendamping wajib di sediakan oleh sender/shipper untuk proses ekspor di negara mereka dan dokum en impor vital untuk melakukan prosedur impor barang di indonesiadokumen sebagai berikut
Shipper : Real shipper
Consignee : Undername Impor Surabaya alamat lengkap sesuai NPWP
Q.Q CV balikpapan
Notify party same aas consignee 

3.Master Bill Of Lading 
Walapun shipment import door to door ini memakai shipping freight forwader in china saya minta mitra saya memakai direct Master Bill of lading untuk booking ke pelayaran dan saya mint tidak memakai House Bill Of Lading (H-BL) dan agent shipping freight forwarder in china setuju, susunan dokkumen impor undername Q.Q di dalam Master bill of lading as below :
Shipper : Real shipper
Consignee : Undername Impor Surabaya alamat lengkap sesuai NPWP
Q.Q CV balikpapan
Notify party same aas consignee 

4.Form fasilitas pembebasan bea masuk (HS Code dapat fasilitas reduce Bea masuk)
Form E sebagai salah satu komponen impor untuk meringankn beban bea masuk sebagai dokumen yang sah dan di akui antra negara china dan indonesia atas dasar kerjasama Asean-China atau Asean China Free Trade Agreement (ACFTA) atau Perjanjian dagang Asean-China atau Asean tidak di pakai karena importir pemilik barang/real importir mau membayar pajak import full ke rekening negara Indonesia

Departure Import Cargo Door to Door China Balikpapan 

Pengiriman barang import melalui angkutan laut direct call shanghai-china ke Port Of Kariangau Balikpapan tersebut menggunakan kapal MERATUS TOMINI V.1812S 

Departure Shanghai Port China: 14 Juni 2018 
Transhipment Makassar Port: 02 Juli 2018 
Arrive di Port Kariangau" 15 Juli 2018
Jadi waktu tempuh barang import dari shanghai ke balikpapan via makassar port sekitar 28 Hari

Berangkat kerja handle Jasa Import Handling
Tanggal 15 Juli 2018 saya berangkat dari jakarta menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan waktu tempuh penerbangan sekitar 2 jam saja

Mengenai harga tiket pesawat dari jakarta ke Balik papan kalimantan yang perlu diperhatikan bahwa dari tanggal 1 sampai tang gal 15 setiap bulannya harga tiket agak tinggi dan dari tanggal 15 sampai tanggal 30 maka harga tiket sangat murah

Karena pengiriman bara ng import ini langsung dari shanghai ke balik papan tentu saja membutuhkan perusahaan PPJK di daerah balik papan untuk mem bantu transfer data PIB dan sekalian handling cargo di pelabuhan kariangau tersebut
Undername Impor+Door To Door-Shanghai To Kariangau Port Balikpapan Direct
Dari hasil googling be berapa perusahaan jasa PPJK berhasil saya temukan beberapa yang bagus dan terus saya coba googling untuk mendapat harga yang terbaik. Saya dapat refferensi dari blog @ pakgiman.com , dari blog tersebut ada perusahaan PPJK yang menjadi mitra terbaik mereka di daerah balikpapan dan saya gunakan jasa handling import mereka untuk daerah balikpapan

Berapa biaya jasa handling conatiner 20 Ft dialikpapan?

Mengenai biaya jasa handling tentu saja harga agak jauh beda dengan biaya jasa handling di jakarta dan di sini mohon maaf saya tidak bisa menyampaikan harganya. 

Namun harga yang di berikan cukup bersaing untuk jasa impot handling di daerah balikpapan

Proses Import Handling di Balik Papan

  1. Proses import cargo di balikpapan pada prinsipnya sama dengan daerah lainnya tetap harus ada dokumen seperti BL, Packing List , Invoice dan dokumen pendukung lainnya
  2. Setelah dokumen lengkap maka pihak PPJK akan segera transfer data untuk mendapat e-billing
  3. Setelah dapat e-billing saya bayar pajaka melalui Bank BCA dan beberapa menit berikutnya dapat jalur SPJM (Surat Pemeriksaan Jalur Merah)
  4. Cargo di persiapkan dan container di buka untuk di periksa oleh petugas bea dan cukai
  5. Setelah diperiksa dan hasil LHP ( Lapo -ran Hasil pemeriksaan) di tanda tangani oleh pihak petugas dan staff operasional PPJK conatiner ditutup kembali
  6. Setelah hasil LHP di rekam dapat permintaan INP ( Inkrah Nilai Pabean )
  7. Siap siap buat surat surat pengambilan delivery order (D,O)
  8. Dokumen INP dibuat di dukung dengan P.O dan surat lainnya menunggu respond lanjutan dari PFPD (pejabat ferivikasi pemeriksa dokumen)

Apa itu value added tax/notul/SPTNP ? 
Maksud SPTNP adalah Surat Penetapan Tarif dan Nilai Pabean (SPTNP)  dalam Bahasa sehari hari di lapangan operasional export import lebih akrab di sebut NOTUL (Nota Pembetulan).atas pajak impor yang di bayarkan

Sederhananya ente kurang bayar pajak impor ke negara,Notul terbit melalui Dasar hukum UU Kepabeanan Tahun 2006 silahkan Anda search di google

Jumlah notul yang di kenakan berdasarkan penetapan SPTNP dari Bea dan Cukai sekitar R.4.000.0000 (Empat juta rupiah) segera pemilik barang membayar ke kas negara berdasarkan e-billing yang terbit dari edi sistem PPJK melalui portal pengguna jasa INSW

Setelah Notul di bayar dalam beberapa menit kemudian sudah mendapat SPPB (Surat Perintah Pengeluaran Barang) dari bea dan cukai 

Setelah mendapatkan Surat Perintah Pengeluaran Barang (SPPB) tersebut segera cargo dikeluarkan oleh PPJK Balikpapan yang saya tunujuk sebagai eksekutor untuk melaksanakan importasi barang door to door china direct balikpapan-indonesia

Done, cargo import party 1 X 20 FT di krim via inland trucking dari terminal penumpukan peti kemas kariangau port balikpapan menuju warehouse pemilik di Jl. Sharifudin Yoes Balikpapan Kalimantan serta saya serahkan bukti PIB,E-billing,Kwitansi Demmuragge,Biaya D/O serta biaya penumpukan 

dan karena ini import door to door service DDP (Delivery Duty Prepaid)kami pihak undername impor  tidak meminta biaya apapun, selain tambah bayar pajak impor yang di bayar oleh pemilik barang (Ditalangi)karena tidak mungkin kami minta dari china/shipper mengingat waktu transfer uang dari china ke Indonesia sekitar 3 hari

Kesimpulan
  1. Pengiriman barang import dari china ke Balikpapan sangat menguntungkan dari sisi biaya logistics karena cargo import tidak perlu re-loading ke container domestics pelayaran local dari jakarta ke balikpapan
  2. Biaya ocean freight dari shanghai ke balikpapan sedikit berbeda dengan biaya ocean freight dari shanghai ke jakarta namun anda sebagai pemilk barang akan mengirit biaya transportasi hampir sekitar 60 persen dari pada barang import anda turun di pelabuhan peti kemas jakarta dan di reloading ke container domestics
  3. Proses import handling sama saja dengan pelabuhan lain di indonesia dan di port kariangau pelayanan bahandle atau cek fisik barang oleh petugas bea dan cukai agak lebih cepat karena cargo import dengan container belum terlalu banyak di daerah pabean port kariangau ini
  4. Jarak dari kota ke port kariangau sekitar 13 Kilometer dari pusat kota dan bagi rekan rekan yang baru memulai kegiatan import di balikpapan bisa mencari penginapan di pusat kota
  5. Biaya sewa ojek sekitar Rp.100.000,- sampai dengan Rp. 150.000,- dan pelayanan mereka sangat ramah
Semoga bermanfaat,

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Undername Impor+Door To Door-Shanghai To Kariangau Port Balikpapan Direct"

  1. Boss kalau import door to door dari sanghai to jakarta berapa per cbm via laut
    barangnya cairan kimia untuk ac

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Import Door To Door Dari Shanghai Ke Indonesia (Jakarta) saya tidak main borongan sob....maaf, salam sukses

      Delete
  2. Bos kalau dari cina ke Balikpapan berapa biayanya

    ReplyDelete
  3. range rate China Ke Balikpapan USD 1100/20 Feet dan USD 1250/40 Feet salam

    ReplyDelete