Follow us on Facebook

Undername Export+PE-Persetujuan Ekspor (Skrap Logam,Copper,Zinc)-Sea Freight Forwarder Nominated

Undername Export khusus export skrap Logam,Copper,Zinc wajib memiliki PE-Persetujuan Ekspor yang di keluarkan oleh Kemdang R.I .Pengiriman Barang ekspor skrap dan logam bisa melalui sea Freight Forwarder Nominated routing Order in indonesia.Pos artikel di dalam blog Undername import dan Undername Export Indonesia ini saya edit ulang dengan judul yang saya perbaharui.

Undername Export khusus memakai izin lartas Export PE-Persetujuan Ekspor untuk commodity Skrap Logam,Copper,Zinc yang di kirim via Shipping sea Freight Forwarder In Indonesia Nominated cargo. (2) Minggu lalu seorang teman saya yang berkerja di sebuah perusahaan Jasa sewa undername  ekspor dan import serta perusahaan jasa international freight forawarder Air& Sea Freight Forwarder (2 Bidang Usaha Jasa yang di Kolaborasikan oleh pemilik perusahaan) datang ke rumah

Baca juga:Jasa Kirim Barang Door to Door Service Cargo Logistics Domestic Indonesia

Perusahaan jasa export sewa undername import dan ekspor yang di kelola oleh pemiliknya (Bos sahabat saya) biasa melayani pelanaggan ekspor dan impor fcl dan Import lcl dari,medan, peka nbaru, palembang,jakarta Surabaya,Pulau Bali,Balikpapan (Kalimantan area) Sulawesi serta provinsi lainnya di indonesia

Perusahaan jasa international Air& Sea freight forawarder yang mereka kelola punya agent mulai dari Singapore ,thailand,malaysia,China,Eropa,United State of America (USA) serta negara lainnya bertindak dan bergerak mengirirm barang melalui angkutan laut dan udara melayani job order export dan import nominatd routing order dari agent mereka dan memaki undername export dalam pengiriman barang ekspor dan juga tersebut
Undername Export+PE-Persetujuan Ekspor (Skrap Logam,Copper,Zinc)-Sea Freight Forwarder Nominated
Sahabat saya ini sudah keliling menanyakan ke instansi pemerintah terkait untuk mencari informasi dan bertanya bagaimana caranya mengurus SPE Skrap besi

Dan tidak berhasil mendapat informasi akurat karena salah tempat bertanya...hehehehe

Karena sudah lelah berjalan akhirnya terdampar main ke rumah saya dan sobat saya membawa contoh barang barang di kantong palstik dan bercerita sedang cari informasi untuk ekspor  Skrap Logam,Copper,Zinc serta mau minta quota ekspor dari kementrian terkait,(sebetulnya tulisan atau artikel ini sudah saya buat secara ringkas di blog saya ferrytrans.id di  #Cara Jasa Undername Ekspor,Skrap Besi,Tembaga Persetujuan Ekspor (PE)

Baca juga:Jasa Import-Cara Mudah Import Barang Dari China Dengan Perusahaan Forwarder China Terpercaya

#.Proses Urus Izin Usaha Persetujuan Eskpor (PE) 

Sebagai teman tentu saya dengarkan cerita dan keinginan dia urus surat izin Persetujuan Ekspor (PE) dari hasil pembicaraan di ingin mengajukan permintaa ekspor  copper dan zinc atas permintaan bos perusahaan jasa undername ekspor tempat dia bekerja dan detailnya saya urai di bawah
  • Copper (hasil pereburan tembaga .besi scrub) 10000 /pertahun. Setelah di proses disetujui hanya 100 Ton2.
  • Zinc ( hasil peleburan scrub seng dan besi ) 20000 /pertahun
Dan HS Code yang tepat merujuk ke pada HS Code :
  • 1.HS Code 7404.00.00.00 Sisa skrap tembaga
  • 2.HS Code 2620.19.00.00 kena peraturan larangan dan pembatasan ekspor (Lartas) ekspor
Topik pembicaraan dengan sahabat saya tersebt sudah jelas bahwa cargo ekspor tersebut lartas dan saya sampaikan harus mendapatkan rekomendasi dari Kementrian Perindustrian dan Surat Persetujuan Ekspor dari Kemendag

Sahabat saya tersebut saya berikan informasi dan masukan bahwa dia harus mengurus terlebih dahulu izin rekomendasi ekspor dari Kemenperin dan setelah dapat izin rekomendasi dia harus upload izin ekomendasi di inatrade kemendag sampai PE-Persetujuan ekspor terbit dari Kemendag R.I

Kesimpulannya buat sahabat saya tersebut yang mau ekspor commodity Skrap Logam,Copper,Zinc tersebut harus mengurus izinnya pada dua (2) kementerian terkait dan saya smpaikan urutan pengurusannya dengan langkah langkah pengurusan izin mendapatkan rekomendasi sampai menjai PE Ekspor di kemendag

# Pengurusan Izin Rekomendasi Skrap Ekspor di Kementerian Perindustrian R.I

Dokumen dan persyaratan yang harus ada dan di penuhi oleh perusahaan yang akan melalakuka kegiatan ekspor Skrap Logam,Copper,Zinc sebagai berikut :
  • Buka akun online SIINas Kemenperin R.I dan kalau belum ada daftar saja lengkapi persyaran dokumen (Jika baru daftar akun di kemenperin r.i)
  • Surat permohonan ditujukan ke Direktur Industri Logam, Direktorat Jenderal Industri Logam,Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika. (Ditandatangani penanggungjawab perusahaan)
  • Daftar isian rekomendasi ekspor skrap logam
  • Rencana Ekspor Sisa dan Skrap Logam dalam 1 tahun
  • Laporan realisasi produksi dan jumlah skrap yang dihasilkan bagi industri atau volume skrap yang terkumpul selama 1 (satu) tahun terakhir bagi perusahaan yang telah beroperasi lebih dari 1 (satu) tahun
  • Surat pernyataan bersedia/telah menjual sebagian skrap logam kepada industri dalam negeri. (Materai Rp. 6.000)
  • Copy persetujuan ekspor skrap yang masih berlaku ( Jika perpanjangan)
  • Copy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Copy Tanda Daftar Perusahaan (TDP) yang masih berlaku
  • Copy Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) atau Tanda Daftar Industri (TDI) atau Izin Usaha dari Departemen teknis/Lembaga Pemerintah Non
  • Departemen berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku
  • Surat Kuasa Perusahaan Asli (Materai Rp.6000)
  • Tanda Daftar Gudang atau alamat gudang ( Jika ada )  
  • Saat ini wajib ada Nomor Induk Berusaha (NIB) 
BTW : sudahkah anda update izin usaha di OSS Online ?
Undername Export+PE-Persetujuan Ekspor (Skrap Logam,Copper,Zinc)-Sea Freight Forwarder Nominated Saya sampaikan,jika dokumen komplit dalam wa ktu 5 (Lima) hari kerja maka setelah dinyatakan dokumen lengkap dari portal online SII NAS ma ka surat rekomendasi ekspor skrap dan logam ak an terbit dari portal online kemenperin R.I otom atis akan terkirim ke portal INSW-Indonesia Nati onal Single Windos

#.Urus izin Persetujuan ekspor (PE)di Kemendag R.I
Lebih lanjut saya jelaskan kepada sahabat saya tersebut untuk pengurusan membuat izin usaha PE-Persetujuan Ekspor di Kemendag setelah mendapatkan surat rekomendasi dari Kemenperin
  • Buka akun Inatrade di portal online Kemendag (Saat ini wajib ada) Nomor Induk Berusaha (NIB)
  • Surat permohonan ditujukan ke Direktur Industri Logam, Direktorat Jenderal Industri Logam,Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika. (Ditandatangani penanggungjawab perusahaan)
  • Daftar isian rekomendasi ekspor skrap logam
  • Rencana Ekspor Sisa dan Skrap Logam dalam 1 tahun
  • Upload copy Rekomedasi dari kemenperin
  • Dokumen akan di proses secara online,monitor dan cek jika ada roll back dokumen
  • Jika tidak ada roll back dokumen maka dalam 5 hari akan selesai
  • PE-Persetujuan Ekspor terbit dari Kemendag R.I
Sudah saya jeaskan sedemikian rupa sahabt saya tersebut manggut manggut

Udah, saya udah paham cara mengurus surat izin untuk ekspor skrap logam

Kamu saja yang urus, (Bujug buneng) Tolong bantu saya, saya udah capek dan lelah

Lahh saya juga udah cape jelasin ke sohib tersebut malah akhirnya dia malah minta di urusin surat persetutujuan ekspor sisa skrap besi dan logam

Finally,saya bantu urus, dalam waktu 10 Hari PE-Persetjuan Ekspor(P.E) sisa skrap dan logam terbit atas nama perusahaan sobat saya tersebut  

Sea Freight Forwarder Nominated (Routing Order)

Di awal paragrap artikel telah saya sampaikan bahwa perusahaan sahabat saya tersebut selain bermain di sektor jasa sewa undername import dan jasa sewa undername ekspor mereka punya perusahaan jasa internatnitonal Air&Sea Freight Forwarder.

Cargo ekspor zinc dan scrap logam ini mereka dapatkan melalui agnet freight forarde mereka di china (Routing Order) Noinated shipment. Sedikiit saya jelaskan maksud dari nominated shipment adalah perusahaan jasa freight forwarder memberikan pekerjaan ekspor atau import kepada perusahaan freight forwarder yang mereka percaya di indonesia

Atas dasar kepercayaan "Trusrty" tersebut maka perusahaan jasa freight forwarder sahabat saya di berikan job order untuk mengurus semua kebutuhan angkutan barang ekspor skrap dan zin tersebut dari jakarta menuju china dengan biaya di tanggung oleh perusahaan freight forwarder di china,termasuk biaya pengurusan izin persetujuan ekspor

Di samping biaya pengurusan izin ekspor (PE), jasa sewa undername ekspor,handling charge,truck  ing charge,ocean freight dan jasa freight forwarder lainnya akan di bayar oleh perusahaan freight forwarder di china yang menunjuk sahabat saya melalui perusahaan jasa undername ekspor sekaligus mereka sebagai perusahaan jasa freight forwarder

Begitupun sebaliknya jika perusahaan jasa freight forwarder yang ada di china kirim barang dari negara mereka ke indonesia maka perusahaan sahabat saya tersebut akan di tunjuk sebagai consignee name di dalam master bill of lading.

#.Free hand shipment import nominated freight forwarder

Kalau pekerjaan tersebut free hand shipment maka perusahaan mereka akan mengutip biaya jasa agency fee sebagai upah mereka mengurus manifest cargo ke pihak pelayaran yang ada di indonesia ( Berbeda dengan mengurus shipment import airfreight nominate d pengurusan manifest pihak forwarder langsung pecah pos ke bea dan cukai)

Undername Export+PE-Persetujuan Ekspor (Skrap Logam,Copper,Zinc)-Sea Freight Forwarder Nominated
Sebab shipment ekspor nomintaed dari perusaha an freight forwarder di china  sahabat saya terse but segera report bahwa,PE -Persetujuan dan Kartu Kendali Ekspor sudah terbit dari intasi terkait di indonesia

Segera sahabat saya tersebut mengatur schedule ekspor setelah saya serahkan PE-Persetujuan ekspor. Kegiatan ekspor yang perusahaan dia lakukana sebagai berikut, report to agent at shanghai.siapkan legalitas perusahaan undername ekspor untuk membuat dokumen di PPJK buat ekspor,Booking sschedule dan kapal , trucking , stuffing,Transsfer data melalui EDI Ekspor,customs clearance dan masuk areal pelabuhan untuk persiapan cargo berangkat ke negara tujuan di china

Proses after ekspor barang yang menggunakan PE-Perestujuan Ekspor

Saya ingatkan sahabat tersebut agar sesudah selesai ekspor maka minta endoz ke bagian pelayanan ekspor bea dan cukai agar kartu kendali ekspor skrap tersebut di tanda tangani oleh petugas bea cukai dan buat laporan kembali untuk Kementrian Perdagangan Untuk realisasasi ekspor melaui portal online di inatrade dan sebagai perusahaan jasa undername ekspor dan perusahaan jasa undername impor resmi tentu perusahaan sahabat saya tersebut patuh menjalankan aturan yang di buat pemerintah

Buat anda pembaca yang budiman, kita wajib melaporkan kegiatan ekspor yang sudah di endoz oleh petugas bea cukai tersebut ke Kementrian perdagangan ataupun ekspor barang general cargo ke portal online Kemendag R.I dan jangan di abaikan karena bis saja ijin usaha perusahaan jimpor dan ekspor anda ijinnya di beri sangsi sampai dengan pencabutan izin usaha ekpor dan impor

Kesimpulan:
  • Saat ini pengurusan izn usaha ekspor dan impor sudah sangat mudah melalui portal online milik pemerintah dan buat anda yang baru mulai bikin izin usaha ekspor dan impor bisa melalui portal OSS Online
  • Jangan melebihi mengirim barang apa yang telah diteapkan dalam surat SPE-Surat Persetujuan ekspor, ketahuilah bahwa petuga bea cukai terdiri dari orang orang terbaik yang terpilih dan di pilih negara 
  • Salah satu contoh melanggar aturan karena jatah kuota ekspor tembaga kecil terus di campur campur dengan barang zinc seolah olah zinc semua padahal yang dikirim kebanyakan skrap copper yang kuotanya sudah habis.Akan lebih baik anda perpanjang izin kuotanya dari pada barang ditahan oleh bea cukai dan akan sangat merugikan anda sebagai eksportir
  • Sekarang ini sudah mulai banyak perusahaan jasa undername impor dan ekspor membuat juga perusahaan jasa freight forwarder agar pelanggan mereka tidak di sibukkan dalam mencari freight forwarder yang bisa mereka percaya dalam pengiriman barang impor dan ekspor ke dalam dan keluar wilayah pabean indonesia

Sedemikian dulu ya kawan kawan artikel tentang pembaasan usaha undername Export,PE-Persetuju an Ekspor (Skrap Logam, Copper ,Zinc) perusahaan Jasa sea Freight F,orwarder Nominated

Semoga usaha anda bisa ekspor barang berhasil dan tidak ragu ragu untuk melakukan ekspor demi kemajuan negara dan bangsa kita

Serta buat sahabat lain mungkin berminat membuka usaha jasa freight forwarder saat ini tepat membuat izin dengan kemudahan yang di berikan pemerintah dalam membuat izin usaha

Salam Sukses Selalu

Update ulang 10 November 2018

G+Ferryg8Blogspot


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Undername Export+PE-Persetujuan Ekspor (Skrap Logam,Copper,Zinc)-Sea Freight Forwarder Nominated "

Post a Comment